Tips Memilih Ban Balap untuk Riding Harian

Ilustrasi touring naik motor
Sumber :
  • FDR

Jakarta, VIVA – Menggunakan ban balap untuk kebutuhan harian bukan hal asing lagi di kalangan pecinta otomotif. Selain faktor performa, banyak pengendara yang mempertimbangkan tampilan ban saat memilih komponen penting ini untuk motor mereka.

Ini Risiko Besar Menggunakan Ban Vulkanisir pada Kendaraan

Salah satu pilihan yang cukup banyak dibahas adalah FDR Sport MP 27, ban balap produksi PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI).

Meskipun dirancang untuk lintasan, banyak pengguna motor memilihnya untuk riding harian karena karakteristiknya yang dinilai cocok di jalan umum.

Bikin Ban Motor Kinclong Cukup Memakai Bahan Rumahan

"Cocok dipakai untuk balapan di trek kering, namun bisa dipakai juga untuk harian karena ada kembangannya, tidak seperti ban slick yang hanya khusus dipakai saat balapan," ujar Noverinto Pasaribu, FDR Promotion Dept. Head, dikutip VIVA Otomotif Selasa 29 April 2025.

Tips pertama dalam memilih ban balap untuk harian adalah memastikan ban masih memiliki alur atau kembangan. Ini penting untuk menghindari risiko tergelincir di jalan basah.

Jangan Anggap Sepele, Ini yang Terjadi Jika Pasang Ban Motor Salah Arah Rotasi

Selain itu, memilih soft compound bisa memberikan kenyamanan lebih saat berkendara jarak jauh karena daya serap terhadap permukaan jalan lebih baik.

Ukuran juga patut diperhatikan. FDR Sport MP 27 misalnya, tersedia dalam beberapa ukuran seperti 90/80-14 TL (Rp373.000), 100/80-14 TL (Rp450.000), dan 90/80-17 TL (Rp482.000).

"Saat saya pakai ban ini ban terasa empuk, bisa lengket menyatu sama jalan. Bisa ngikutin kontur jalan. Dan yang penting fashion, cocok buat semua motor-motor yang saya miliki," kata salah satu pengguna, Rangga Pramudita.

ilustrasi tambal ban.

Kenapa Ban Belakang Motor Lebih Sering Kempes dan Bocor Ketimbang Ban Depan?

Ini alasan ban belakang motor lebih sering mengalami kempes dan bocor ketimbang ban depan.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2025