Jangan Panik Saat Mobil Lewati Tanjakan Curam, Hadapi dengan Trik Jitu Ini

ilustrasi mobil berjalan mundur saat tanjakan
Sumber :
  • Instagram/rodapapat

Jakarta, VIVA – Bagi sebagian pengemudi, melalui tanjakan curam menjadi tantangan tersendiri. Seperti video yang baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial.

Juru Parkir Liar Salah Sasaran, Minta Uang Rp30 Ribu ke Polisi

Dikutip VIVA dari laman Instagram @rodapapat, pengemudi mobil Datsun tampak berhenti dalam posisi miring ke arah bahu jalan, seolah kehilangan kendali atau hampir keluar jalur saat berusaha melewati tanjakan curam.

Sesaat, mobil berjalan mundur dan diduga sang pengemudi panik sehingga tidak bisa mengontol kendalinya terhadap kendaraan tersebut hingga terjerumus ke dalam semak-semak di sisi jalan.

Pajero Sport Terguling Diduga karena Aquaplanning, Begini Cara Mencegahnya
Kenali Batas Aman Gunakan Bahu Jalan Saat Cuaca Buruk Melanda di Jalan Tol

Terlihat dari video, ada beberapa mobil lain yang juga sedang melewati jalan tanjakan yang sama.

Alhasil saat mobil Datsun tersebut berjalan mundur, kendaraan itu pun langsung mengenai mobil yang berada tepat dibelakangnya.

Video ini pun sontak menarik perhatian para pengguna Instagram, banyak yang menyarankan bahwa seharusnya pengemudi mobil Datsun tersebut langsung menggunakan rem tangan agar tidak berjalan mundur.

"Perlu ngerti masing2 karakter mobilnya, paling penting banyak sekarang mobil yang sistem pengeremannya menggunakan sistem/electrical ketika mesin mati, sistem pengereman pun losss.. paling aman mulai dari yang punya mobil biasakan gunakan rem tangan saat berhenti terutama di tanjakan, jadi kalau lewat medan berat, tangan pun rileks untuk rem tangan," tulis warganet.

"Saran aja.. kalau nggak kuat mental jangan coba-coba bawa kendaraan.. apalagi tujuannya ke jalanan seperti itu.." kata netizen lainnya.

Berdasarkan laman resmi Wuling Motors, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengemudi mobil manual saat menghadapi tanjakan tinggi, meliputi menggunakan rem tangan, menggunakan pedal rem, dan menginjak pedal rem dan kopling secara bersamaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya