Milenial Lagi Incar Barang Ini Bukan karena Gaya tapi Maknanya

Gaya hidup milenial.
Sumber :
  • Unsplash

Jakarta, VIVA – Berdasarkan studi fesyen berkelanjutan di Indonesia pada 2024, konsumen urban atau perkotaan, khususnya generasi milenial dan Gen Z, semakin terdorong oleh nilai seperti ketahanan, tanggung jawab terhadap lingkungan, dan otentisitas.

Preferensi terhadap kualitas ini sejalan dengan Red Wing, merek asal AS (Amerika Serikat). Selama bertahun-tahun, perusahaan alas kaki ini menarik kelompok pelanggan unik di Indonesia, yaitu pria dan wanita usia 25–45 tahun, yang menghargai produk dengan cerita dan nilai jangka panjang.

Mereka adalah pengendara, perajin, arsitek, wirausaha, hingga kolektor, yang sudah memahami arti sesungguhnya dari berinvestasi pada kualitas. Mereka tidak menggunakan Red Wing untuk ikut tren, melainkan sebagai ekspresi gaya hidup yang fungsional, dan tahan lama.

"Indonesia bukan hanya pasar yang potensial. Pelanggan kami sudah tahu apa yang mereka cari. Itu karena mereka menghargai warisan, kualitas, dan fungsionalitas. Mereka juga memahami sesuatu yang tidak bisa dibuat secara instan," kata Yuki Kobayashi, Managing Director Red Wing Asia.

Hal tersebut menjadi Red Wing resmi membuka toko flagship pertamanya di Indonesia, tepatnya Lotte Mall Jakarta Selatan, sekaligus langkah penting dalam memperkuat posisi Red Wing di Asia Tenggara. Kehadiran Red Wing di Jakarta juga menjadi langkah awal dari strategi jangka panjang Red Wing di kawasan Asia Pasifik.

“Kami tidak datang hanya sekadar membuka toko offline, kami datang ke sini untuk melanjutkan hubungan yang telah dibangun, dipakai, dan dijalani bersama selama bertahun-tahun,” tutur Kobayashi. Ada sejumlah model eksklusif yang tersedia dengan tujuan menarik lebih banyak pelanggan dari milenial maupun Gen Z:

●    #3113 dan #4603
Kolaborasi spesial dengan Engineered Garments New York, menggunakan tiga jenis kulit khas Red Wing. Kombinasi antara desain utilitarian dan sentuhan akhir artisan.

●    #8209 Norway Moc
Dilengkapi sol Vibram TC4 untuk daya cengkeram maksimal di medan yang licin dan bersuhu dingin. Model ini cocok untuk cuaca ekstrem dan tetap terlihat tangguh.

●    #8861 Classic Moc dalam Hawthorne Muleskinner
Sebelumnya hanya tersedia di Jepang, kini hadir dengan siluet moc toe klasik dalam material kulit rough-out bertekstur, model ini hadir dengan kombinasi kenyamanan harian dan detail heritage.

●    Postman #101
Memiliki sejarah pertama kali diluncurkan tahun 1954 untuk petugas pos AS, kini hadir kembali dalam edisi yang terbatas. Desain ramping, sol crepe yang empuk, dan gaya klasik yang tenang menjadi favorit banyak kolektor.

Koleksi Women’s Heritage Red Wing juga turut dihadirkan. Model seperti Women’s Classic Moc Toe, Clara Boots, dan Iron Ranger menawarkan sepatu berbahan kulit yang tahan lama, dibuat dengan perhatian yang sama terhadap konstruksi serta ketahanannya.