Waskita Toll Road Kesal Truk ODOL Buat Biaya Maintenance Bengkak

Kampanye aksi keselamatan Jalan Tol di Tol Kanci, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVAnews/Arrijal Rachman

VIVA – Pemerintah saat ini gencar menertibkan truk kelebihan muatan atau Over Load Over Dimension (ODOL). Selain memberikan ancaman keselamatan bagi pengguna jalan tol, truk tersebut juga membuat neraca keuangan pengelola jalan tol sering merugi.

Menteri PU: Kendaraan ODOL Jelas Merusak Jalan

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengungkapkan, secara teoritis pelarangan ODOL melintas di jalan tol memang mengancam jumlah lalu lintas yang melalui jalan tol. Namun, kata dia, hal itu tidak lebih besar ketimbang biaya perawatan jalan tol yang semakin besar akibat ODOL.

"Ini kampanye pelarangan masuk tol, kita sebagai pemain baru, banyak dilarang truk ODOL pemasukan jadi berkurang, ini pikiran praktisnya," kata dia dalam acara sosialisasi dan kampanye tol zero ODOL di Cirebon, Senin, 24 Februari 2020.

Pemerintah Siapkan Perpres Penguatan Logistik Nasional Atasi Truk ODOL, Ini 9 Poin Utamanya

Dia mengaku belum memiliki perhitungan secara spesifik besaran kerugian yang disebabkan membengkaknya biaya perawatan jalan akibat truk ODOL. Namun, secara umum itu bisa dilihat dari semakin cepatnya waktu perawatan. 

Berdasarkan rencana bisnis perusahaan, kata dia, waktu perawatan besar ruas tol terjadi pada tahun ketiga maupun lima. Akan tetapi, tanpa disadari, setiap lalu lalangnya truk ODOL, biaya besar perawatan tol selalu muncul di tahun pertama.

Bakal Ada Tarif Batas Atas dan Bawah untuk Sopir Kendaraan Logistik

"Kami belum punya datanya. Tapi kami akan keluar biaya maintenance lebih dulu dari tiga, lima, tujuh tahun menjadi satu tahun sudah keluar biaya struktur lebih besar. Ini yang tanpa kita sadari," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan catatannya juga, lalu lintas truk ODOL di beberapa ruas tol masih cukup besar hingga saat ini. Misalnya, untuk ruas Tol Kanci-Pejagan, dari 34 kendaraan yang masuk, 20 kendaraan diantaranya adalah truk ODOL.

"Dengan kampanye ini, apa yang bisa dijadikan strategic bussiness plan maintanance itu terjaga baik, sehingga kinerja BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) tak perlu minta subsidi pemerintah, bisa ter-manage dengan baik," ungkap dia.

Truk Kelebihan Muatan, Truk ODOL

Operasional Truk di Indonesia Bisa Keluarkan hingga Rp 150 Juta per Tahun Buat Pungli

AHY menegaskan pentingnya menindak tegas pungli yang merugikan pengemudi truk dengan dimensi dan muatan melampaui ketentuan atau ODOL.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2025