Imbas KA Argo Bromo Anjlok, KAI Beri Waktu 7x24 Jam Pembatalan Tiket

Loket pembatan tiket kereta api.
Sumber :
  • KAI Daop 1.

Jakarta, VIVA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias PT KAI memberikan waktu 7x24 jam dari jadwal keberangkatan, untuk melakukan pembatalan tiket.

Penumpang Dapat Refund 100 Persen Tiket Imbas KA Argo Bromo Anggrek Anjlok, Begini Caranya

Vice President (VP) Public Relations PT KAI, Anne Purba menjelaskan, langkah ini diambil pihaknya sebagai imbas dari anjloknya rangkaian KA 1 (Argo Bromo Anggrek), di Stasiun Pegadenbaru Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Proses pembatalan tiket diberikan perpanjangan batas waktu 7x24 jam dari jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket," kata Anne, dikutip Minggu, 3 Agustus 2025.

Bos KAI: 80 KA hingga 12 Ribu Tiket Dibatalkan Imbas KA Argo Bromo Anjlok

Kereta api yang dioperasikan KAI untuk mengangkut BBM

Photo :
  • Dok. KAI

Bagi pelanggan yang ingin melakukan refund tiket maupun mengubah jadwal perjalanan, KAI mengimbau untuk segera mendatangi loket pembatalan di stasiun keberangkatan.

11 KA Berhenti Luar Biasa di Stasiun Jatinegara Imbas Aksi di Monas, Cek Jadwalnya

Tersedia pula pusat kontak pelanggan atau contact center KAI 121 melalui telepon di nomor 021-121 atau melalui WhatsApp di nomor 0811-1211-1121, apabila pelanggan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait status perjalanan atau pembatalan tiket.

KAI menyatakan, dampak dari insiden yang terjadi pada Jumat, 1 Agustus 2025 kemarin itu, menyebabkan pembatalan beberapa perjalanan kereta api.

Tercatat, sebanyak 24 perjalanan KA dibatalkan, dan meningkat hingga 54 perjalanan KA yang dibatalkan pada Sabtu, pada 2 Agustus 2025. KAI juga memperkirakan pada Minggu, 3 Agustus 2025, sebanyak dua perjalanan KA juga masih akan dibatalkan.

Selain itu, KAI juga mengalihkan rute sejumlah kereta api dengan pola operasi memutar, dimana ada 42 perjalanan kereta api yang dialihkan dari jalur Cirebon – Pegadenbaru – Cikampek/pergi pulang (PP) menjadi Tegal/Cirebon – Purwokerto – Kroya – Banjar – Bandung – Cikampek.

"KAI berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api di seluruh Indonesia. Seluruh upaya perbaikan dan pemulihan layanan akan terus dilaksanakan dengan mengutamakan keselamatan dan kelancaran operasional," kata Anne.

Kereta milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) [Humas PT KAI]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Selain itu, KAI memohon maaf atas pembatalan dan keterlambatan yang dialami oleh pelanggan. Kami sangat menghargai kesabaran pelanggan dan meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami berkomitmen untuk memulihkan layanan ini secepatnya dengan tetap mengutamakan keselamatan," ujarnya. (Ant).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya