Gandeng Agen Travel, Tokio Marine Perkuat Layanan Asuransi Perjalanan
- Istimewa
Jakarta, VIVA – PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) berkolaborasi dengan agen perjalanan dalam menghadirkan produk asuransi perjalanan inovatif. Kemitraan strategis sebagai respons terhadap meningkatnya kesadaran masyarakat dan lonjakan jumlah perjalanan wisata."
Asuransi perjalanan bertujuan mengantisipasi kejadian tidak terduga seperti keterlambatan penerbangan, kecelakaan, atau situasi darurat medis. Dengan begitu, perjalanan menjadi lebih aman, nyaman, dan bebas cemas.
Jumlah perjalanan domestik menunjukkan peningkatan 22 persen hingga mencapai 920 juta orang. Sementara itu, perjalanan ke luar negeri mencatat 8,13 juta atau meningkat sebesar 18 persen.
Data per Desember 2024, TMI membukukan premi bruto sebesar Rp 2,3 triliun atau naik 3,1 persen secara year on year (yoy). Memasuki usia ke-50 tahun, perusahaan telah memproses 655 ribu klaim dengan total klaim yang dibayarkan mencapai Rp 1,15 triliun.
Ilustrasi asuransi perjalanan.
Sepanjang tahun 2024, perusahaan telah menangani 126 klaim dan lebih dari 96 persen di antaranya telah diselesaikan sesuai SLA (Service Level Agreement). Hal tersebut menunjukkan komitmen TMI untuk memproses klaim secara cepat dan tepat.
Perusahaan asuransi yang beroperasi sejak tahun 1975 telah bekerja sama dengan lebih dari 80 agen perjalanan dan lebih dari 200 ribu pelanggan aktif. Dalam rangka meningkatkan pengalaman pelanggan, perusahaan juga menjalin kemitraan dengan PT Reka Sinergi Pratama (OPSIGO), perusahaan rintisan di bidang Travel Technology. Selain itu, TMI berkolaborasi dengan All Nippon Airways (ANA), yang memungkinkan pelanggan membeli asuransi perjalanan melalui situs web ANA.
Head of Affinity & Financial Institution TMI, Ahmad Khomaini, menuturkan pihaknya sangat terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak terkait di industri perjalanan. Baru-baru ini, TMI mengadakan acara Travel Agent Kick Off 2025 bertajuk Growing Stronger Together yang dihadiri lebih dari 50 perwakilan travel agent dan juga segenap jajaran direksi dan manajemen perusahaan.
"Secara berkesinambungan, perusahaan juga menyelenggarakan berbagai kegiatan kolaborasi dengan para agen perjalanan dan mitra bisnis untuk memberikan literasi bagi masyarakat," imbuh Ahmad.
TMI semakin fokus mengembangkan produk asuransi perjalanan, Tokio Marine Travel Partner (TMTP), untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya perlindungan saat bepergian. Produk asuransi tersebut sekaligus bentuk komitemen dan dukungan perusahaan terhadap bisnis travel.
Ilustrasi perjalanan.
"Asuransi Tokio Marine Travel Partner dirancang untuk mendukung perkembangan bisnis agen perjalanan di Indonesia. Selain itu, untuk memudahkan para travel agent dan memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan," ujar President Director TMI Sancoyo Setiabudi dikutip dari keterangan resmi pada Jumat, 7 Maret 2025.
Asuransi perjalanan TMTP mencakup risiko keterlambatan penerbangan, kehilangan atau kerusakan bagasi, biaya perawatan medis, hingga perlindungan rumah yang ditinggalkan. Selain itu, asuransi tersebut juga menawarkan manfaat tambahan, seperti Manfaat Kehilangan Acara yang memberikan kompensasi jika gagal menghadiri acara atau event karena alasan yang telah dijamin dalam polis dan manfaat ini dapat ditambahkan kapan saja.
Head of Product Development Djoko Mulyono membeberkan, salah satu keunggulan asuransi TMPT adalah kemudahan proses klaim yang dapat dilakukan di mana saja. Mulai dari klaim keterlambatan kurang dari empat jam, jaminan asuransi tambahan selama 24 jam (setelah tercover 24 jam sebelumnya), dan lainnya.
Djoko menuturkan, jangkauan asuransi ini berlaku di seluruh dunia kecuali di Amerika Serikat dan Kanada. TMI juga terdaftar sebagai asuransi perjalanan untuk negara-negara Schengen, yang mencakup jaminan atas kondisi medis yang sudah ada sebelum perjalanan.
Produk asuransi inovatif dari TMI juga mencakup perluasan visa dan Benefit Missed Event sehingga memungkinkan penggantian tiket acara yang tidak dapat dihadiri. Seluruh manfaat dan cakupan tersebut tunduk pada syarat dan ketentuan polis asuransi TMPT.
“Untuk peningkatan kualitas kerja sama dengan pihak terkait di industri perjalanan, TMI akan memberikan benefit yang menarik untuk para travel agent yang bekerja sama dengan TMI. Perusahaan juga akan memperkuat infrastruktur dan sistem untuk mempercepat proses klaim," ujar Djoko.
Ahmad menambahkan, TMI akan mengembangkan fitur khusus untuk menangani klaim asuransi perjalanan. Fitur tersebut memungkinkan pelanggan mengajukan klaim asuransi secara online dengan mudah dan praktis
"Cukup dengan mengunggah dokumen pendukung klaim. Selain itu, status klaim juga dapat dipantau secara real-time," jelas Ahmad.