BI Implementasikan QRIS Tap untuk Bayar Parkir di Mal, Cuma Butuh 0,3 Detik
- VIVA.co.id/Anisa Aulia
Jakarta, VIVA – Bank Indonesia (BI) resmi mengimplementasikan layanan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tanpa pindai atau QRIS Tap pada 14 Maret 2025. Layanan ini salah satunya bisa digunakan untuk membayar parkir.
Pemanfaatan QRIS Tap untuk parkir ini salah satunya bisa digunakan di Lippo Mall Nusantara, Jakarta. Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta pun ikut menjajal layanan teranyar milik Bank Indonesia.
Filianingsih meminta, agar masyarakat ikut memanfaatkan layanan ini. Sebab tingkat keberhasilan transaksi menggunakan QRIS Tap hanya membutuhkan waktu 0,3 detik.
"Ayo semua pakai QRIS Tap sangat mudah cepat dan handal , tapi jangan lupa isi saldonya kalau nggak diisi ditempel-tempel juga nggak akan bisa. QRIS Tap oke, terus dukung ya," ujar Filianingsih di Lippo Mall Nusantara Jumat, 14 Maret 2025.
Ilustrasi pembayaran QRIS.
- Dok: QRIS
Adapun dari pantuan VIVA, dari dalam mobil Filianingsih hanya mendekatkan handphone ke mesin tap atau Electronic Data Capture (EDC) yang bertuliskan 'Terima QRIS Tap'.
Saat ini layanan QRISÂ tap baru bisa digunakan di 1.528 ritel, 134 transport, 550 rumah sakit, 138 UMKM, dan tiga parkir. Implementasi ini akan dilakukan bertahap mulai Maret 2025, Juni 2025, hingga September 2025.
Pada Maret 2025, QRIS Tap hanya bisa digunakan di Damri dan TemanBus untuk 120 armada JTConn, MRT rute Bundaran HI-Lebak Bulus, TransJakarta di 12 moda RoyalTrans.
Lalu pada Juni 2025, QRIS Tap akan full diimplementasikan di Damri dan TemanBus, TransJakarta dilakukan perluasan BRT, non BRT, dan Microtrans, dan LRT Jakarta.
Sedangkan pada September 2025, QRIS Tap sudah full implementasi di MRT,  LRT Jabodebek, KRL Jabodetabek, hingga KCI Jakarta-Solo.
Untuk Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang bisa dimanfaatkan untuk layanan QRIS Tap diantaranya Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA. Bank Mega, CIMB Niaga, Bank DKI, Permata Bank, Gopay, Netzme, Nobu, ShopeePay, Dana, dan Bank Sinarmas.