250 Ribu Tiket Whoosh Ludes Terjual di Libur Lebaran, Halim-Padalarang Jadi Rute Favorit

Penumpang kereta cepat Whoosh saat libur Lebaran
Sumber :
  • Dok. KCIC

Jakarta, VIVA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat, selama libur Lebaran 2025 pihaknya telah melayani 250 ribu penumpang Whoosh. Artinya, rata-rata volume harian mencapai 20-21 ribu penumpang.

Layani 460 Ribu Orang di Libur Sekolah, Whoosh Cetak Rekor Jumlah Penumpang Harian

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan angka ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan hari biasa yang berkisar antara 16-18 ribu penumpang per hari. Dia menyebut, puncak perjalanan di libur Lebaran sementara terjadi pada Kamis (3/4/2025), yang mana jumlahnya mencapai 22.340 penumpang dalam sehari. 

Penumpang Whoosh saat libur Lebaran

Photo :
  • Dok. KCIC
Kereta Cepat Whoosh Berhenti Mendadak di Tengah Perjalanan Gegara Layangan Nyangkut

“Penumpang pada keberangkatan beberapa hari terakhir didominasi oleh penumpang yang memanfaatkan Whoosh untuk berlibur baik ke Bandung, Jakarta, juga Karawang. KCIC memprediksi angka ini akan terus meningkat hingga mencapai 24 ribu penumpang per hari menjelang akhir periode libur Lebaran,” ujar Eva dalam keterangannya Jumat, 4 April 2025.

Eva mengungkapkan, selama periode libur Lebaran, rute Halim-Padalarang menjadi favorit dengan total 86 ribu penumpang, disusul oleh rute Padalarang-Halim sebanyak 77 ribu penumpang, dan rute Halim-Tegalluar Summarecon dengan 35 ribu penumpang.  

Penumpang Whoosh Tembus 120 Ribu Orang Lebih di Libur Panjang Tahun Baru Islam

Sementara itu, berdasarkan data naik turun penumpang, Stasiun Halim menjadi yang paling padat dengan total 234 ribu penumpang. Stasiun Padalarang mencatat 170 ribu penumpang, diikuti oleh Stasiun Tegalluar Summarecon dengan 69 ribu penumpang, dan Stasiun Karawang dengan 15 ribu penumpang.  

KCIC mengimbau masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket secara online melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, serta secara offline di loket dan vending machine di stasiun. 

Pemesanan melalui aplikasi Whoosh memberikan keuntungan lebih, seperti fitur refund dan reschedule yang dapat dilakukan secara online untuk kenyamanan perjalanan penumpang.  

Eva menjelaskan, pihaknya mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam menggunakan Whoosh selama libur Lebaran ini. KCIC jelasnya, terus berupaya memberikan layanan terbaik dengan kemudahan akses pemesanan tiket dan fleksibilitas perubahan jadwal. 

“Dengan meningkatnya jumlah penumpang, kami mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal agar pengalaman bepergian tetap nyaman dan lancar.” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya