Strategi RB SIG Genjot Pemasaran hingga TIngkatkan Daya Saing Produk UMKM

Rumah BUMN SIG.
Sumber :
  • Dokumentasi SIG.

Jakarta, VIVA – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Rumah BUMN SIG di Kabupaten Rembang (RB Rembang) yang dikelola oleh anak usahanya, PT Semen Gresik, terus berupaya membantu peningkatan daya saing UMKM. salah satunya dengan memasarkan hasil produksi UMKM selama Ramadan 2025.

Lebih dari 300 UMKM Ikut Festival Musik Koplo Kopling di Kemayoran

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, penjualan beragam hasil produksi UMKM yang sudah dikemas dalam bentuk hampers ini merupakan program tahunan yang dijalankan secara rutin menjelang perayaan Idul Fitri lalu. Masyarakat dapat membelinya di Galeri RB Rembang, maupun secara daring melalui platform digital seperti WhatsApp dan e-Commerce milik RB Rembang.

Sebanyak 173 UMKM binaan RB Rembang yang terlibat dalam program ini bergerak di bidang makanan, minuman, fesyen, batik, hingga kerajinan tangan. Seluruh produk yang ditampilkan dalam hampers ini telah melewati proses kurasi secara menyeluruh untuk memastikan mutu dan kapasitas produksi sesuai dengan permintaan pasar.

Semester I-2025, PIP Salurkan Pembiayaan Rp 3,97 Triliun ke 745 Ribu UMKM

RB Rembang.

Photo :
  • Dokumentasi SIG.

“Alhamdulillah, program tahunan ini selalu mendapat sambutan positif yang terlihat dari jumlah pesanan masyarakat. Ini menjadi motivasi bagi SIG untuk menciptakan program-program lain yang lebih kreatif dan inovatif untuk mendongkrak penjualan produk UMKM, serta dengan dukungan yang berkelanjutan, menjadikan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi daerah,” ujar Vita dikutip dari keterangannya, senin, 28 April 2025.

Dukung Ketahanan Pangan RI, Kemenko PM: Banyak Proses Turunan yang Kita Bisa Manfaatkan

Sementara itu, pemilik usaha makanan ringan dengan merek Keriyes, Widya Wijaya (41 tahun) merasakan dampak positif lantaran produk-produknya turut serta dalam program tersebut. Produk Keriyes seperti krispi teri nasi, krispi cumi, rengginang ketawa, krispi rumput laut, dan amplang bandeng menjadi salah satu produk terlaris dalam program tersebut.

“Selama Ramadan tahun ini, saya bisa menjual produk Keriyes hingga sekitar Rp5,5 juta. Alhamdulillah, cukup membantu penjualan di momen jelang Idulfitri kemarin,” ujar Widya Wijaya.

Pria asal Desa Pangkalan, Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang ini mengaku kehadiran RB Rembang memberikan banyak manfaat bagi pengembangan usahanya.

“Peran RB Rembang cukup signifikan dalam pengembangan Keriyes. Selain pendampingan dan pelatihan, masih ada studi banding ke RB lain. Sehingga bisa meningkatkan daya saing, akses pasar dan penjualan juga semakin luas. Kami juga berkesempatan ikut serta dalam pameran seperti Bazar UMKM di Sarinah pada tahun 2023 lalu,” imbuh Widya

UMKM binaan Pertamina hadir di Korea Import Fair 2025

Pertamina Bawa UMKM Binaan ke Korea Import Fair 2025, Majukan 152 Produk Lokal Mengglobal

Pertamina menghadirkan 23 UMKM unggulan yang membawa 152 produk khas Indonesia, mulai dari cokelat, kopi, fashion, aksesori, makanan olahan, produk spa, hingga home decor

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2025