Bank Muamalat Ungkap 90 Persen Transaksi Nasabah Kini Sudah Lewat Paltform Digital

Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Imam Teguh Saptono (kanan) menerima piala dari Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia Imam Hartono (tengah) didampingi Direktur Republika Nur Hasan Murtiaji (kiri)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Aplikasi mobile banking dari PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Muamalat DIN, meraih penghargaan kategori Reader's Choice Mobile Banking Syariah dalam Anugerah Syariah Republika 2025.

Nasabah PNM Mekaar Sulap 10 Ton Pakaian Lama Miliki Harapan Baru

Direktur Utama Bank Muamalat Imam Teguh Saptono mengatakan saat ini 90 persen transaksi nasabah Bank Muamalat sudah dilakukan di platform digital. Untuk itu, dia bersyukur atas kepercayaan masyarakat terhadap Bank Muamalat dalam melayani kebutuhan transaksi keuangan syariah mereka secara digital.

"Alhamdulillah, lebih dari 90 persen transaksi nasabah Bank Muamalat sudah dilakukan di platform digital. Ini menandakan, layanan digital Bank Muamalat semakin kompetitif menawarkan solusi yang sesuai kebutuhan nasabah," ujar Imam dalam keterangannya Selasa, 27 Mei 2025.

LPS Pangkas Tingkat Penjaminan Bunga Bank Umum dan BPR, Ini Pertimbangannya

Imam menjelaskan, sepanjang kuartal I-2025, Muamalat DIN sudah diakses 673 ribu pengguna aktif. Jumlah tersebut tumbuh 18 persen secara year on year (yoy) dibandingkan kuartal I-2024.

Kurban online Bank Muamalat [Humas Bank Muamalat]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
BTN Catat Bale Properti Sudah Proses 12,3 Ribu Pengajuan KPR Digital

Jumlah transaksi Muamalat DIN pada kuartal pertama 2025 mencapai 7,7 juta transaksi, tumbuh 30 persen yoy dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Volume transaksi pun tumbuh 24 persen yoy mencapai Rp 9 triliun.

Guna mewujudkan digital as a service, bank pertama murni syariah di Tanah Air ini melakukan pengembangan layanan dan fitur Muamalat DIN. Fitur yang akan dihadirkan tak hanya untuk melayani kebutuhan transaksi, tapi juga memenuhi kebutuhan spiritual nasabah.

Bank Muamalat.

Photo :
  • Dokumentasi Bank Muamalat.

Seperti, fitur Hijrah Amal agar nasabah mudah menunaikan zakat, sedekah, infak, dan wakaf, pembiayaan Solusi Emas Hijrah, serta fitur Bank Haji untuk mewujudkan niat nasabah menyempurnakan rukun Islam.

"Bank Muamalat tak hanya peduli pada keselamatan harta tapi juga spiritualitas nasabah dan dampak positif bagi lingkungan," ungkap Imam.

Pengembangan Muamalat DIN agar semakin mumpuni selaras dengan visi baru Bank Muamalat yang telah dirumuskan yakni Menjadi Jalan Hijrah Menuju Berkah. Visi tersebut memiliki makna bahwa Bank Muamalat bertekad menjadi solusi hijrah terdepan bagi ekosistem bisnis dan keuangan syariah dengan kinerja keuangan yang berkelanjutan untuk mencapai keberkahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya