Belanja Online Makin Diminati Bisnis Logistik Cuan, Lion Parcel Genjot Ekspansi Layanan hingga Pelosok

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, VIVA – Tren belanja online terus mengalami peningkatan seiring banyak diandalkan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dalam upaya membangun ekosistem logistik yang efisien, PT Lion Express atau Lion Parcel, terus memperluas jaringan mitra agen di berbagai wilayah di tanah air. 

Para Penunggak Pajak Sudah Mulai Nyicil Bayar, Purbaya: Sudah Masuk Rp 7 Triliun

Dalam keterangan resminya, perusahaan logistik  melihat aktivitas jual beli barang secara daring terus meningkat. Aktivitas belanja online menyumbang sebesar US$90 miliar setara Rp 1.457 triliun terhadap pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2024. 

Perusahaan menilai jaringan mitra agen memiliki peran penting sebagai titik sentuh langsung pelanggan (customer touchpoint), khususnya dalam bisnis logistik. Sehingga, Lion Parcel mengambil langkah perluasan jaringan guna menjawab kebutuhan masyarakat terhadap jasa logistik, baik untuk keperluan personal maupun pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Wamenaker Wanti-wanti Perusahaan Logistik soal Jam Kerja Sopir

Head of Retail Business Development Lion Parcel, Cipto Laksono, menuturkan kondisi geografis Indonesia merupakan tantangan tersendiri bagi setiap penyedia jasa logistik untuk menyediakan layanan yang terintegrasi. Ia menambahkan, kolaborasi dengan lebih banyak mitra agen sekaligus menjadi peluang perusahaan untuk bertumbuh. 

"Mereka (mitra agen) telah memberikan kontribusi yang signifikan dan menjadi enabler penting bagi Lion Parcel. Tidak hanya sebagai mitra penjualan, tetapi juga dalam partner dalam menyediakan layanan pengiriman yang mudah diakses dan dapat diandalkan oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Cipto dalam keterangan resminya, Jumat, 4 Juli 2025.

942 Ribu Penumpang Diprediksi Padati KRL Saat HUT ke-80 TNI, KAI Lakukan Hal Ini

Lion Parcel [dok. Humas Lion Parcel]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Ekspansi perluasan aksesibilitas layanan dilakukan dengan model bisnis yang memungkinkan masyarakat memulai usaha jasa pengiriman. Perusahaan mencatat sebanyak 5.000 pendaftar per bulan yang mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap bisnis logistik terus meningkat.

Mitra agen yang berminat untuk bergabung dapat memulai bisnis dengan modal awal Rp10 juta yang mencakup saldo operasional awal, peralatan operasional seperti plastik dokumen, lakban, timbangan, meteran, dan printer thermal. Selain itu, mitra agen juga akan mendapat materi branding indoor dan outdoor, seperti stiker kaca, stiker logo, serta stiker meja.

Lion Parcel juga menyediakan pelatihan rutin secara daring dan luring untuk memastikan mitra memahami prosedur operasional standar (SOP), serta strategi pelayanan dan pengembangan usaha. Perusahaan turut mengadakan forum pertemuan, seperti gathering dan sesi diskusi tatap muka, guna mempererat hubungan dengan para mitra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya