Pos Indonesia Kasih Bukti Penerapan GRC dongkrak Kinerja Keuangan hingga Operasional
- Pos Indonesia
Jakarta, VIVA – PT Pos Indonesia menegaskan komitmennya implementasi Governance, Risk, Compliance (GRC) yang canggih dan berkelanjutan dalam menggnjot kinerja bisnisnya. Upaya tersebut terbukti sudah menuaikan hasil yang positif.
Plt Direktur Utama Pos Indonesia, Endy Abdurrahman menjelaskan, hasil implementasi GRC antara lain tercermin dari kinclongnya kinerja keuangan dan operasional perusahaan.
“Sebagai perusahaan logistik dan keuangan nasional, Pos Indonesia tidak hanya menjaga tata kelola yang baik, tetapi juga berupaya agar praktik GRC mampu memperkuat kinerja, melindungi keberlanjutan, dan memberi manfaat langsung bagi masyarakat,” ujar Endy dikutip dari keterangannya Rabu, 10 September 2025.
Dia menjabarkan, pendapatan tahun 2024 mencapai Rp 5,01 triliun dengan EBITDA sebesar Rp 1,01 triliun, serta laba bersih tumbuh menjadi Rp 747,13 miliar (+2,60 % dari 2023). Sementara itu belanja modal (Capex) turut meningkat menjadi Rp 274,82 miliar (+4,99 %).
Kemudian, ada pula Transformasi digital bisnis pun ditingkatkan melalui robotik sorting dan labeling di Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta—mencapai efisiensi biaya hingga 40–60 % dan peningkatan produktivitas hingga 2,5 kali lipat.
Layanan Door to Door yang Dilakukan Pos Indonesia dalam Menyalurkan Bansos PKH
- Istimewa
Terbaru, Kolaborasi strategis dengan e-commerce (Tokopedia, Shopee, TikTok) mendongkrak volume transaksi lebih dari 100 persen tahun 2025. Selain itu, layanan COD Shopee yang diluncurkan mulai Agustus 2025.
Atas kinerja tersebut Pos Indonesia juga meraih sejumlah penghargaan Top GRC Awards 2025, Tak hanya meraih banyak trofi bergengsi, tetapi juga menempatkan sosok Pemimpin sebagai pusat perhatian. Keempat penghargaan tersebut adalah Top GRC Awards 2025 5 Star.
PT Pos Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan sosial (bansos) PKH dan sembako
- Pos Indonesia
Kemudian, The Most Committed GRC Leader 2025, dianugerahkan kepada Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman, Plt Direktur Utama PosIND, penghargaan yang mengukuhkan integritas personal sebagai ruh dari tata kelola perusahaan. Selanjutnya Golden Trophy Top Achievement dan The High Performing Board of Commissioners on GRC 2025 Pos Indonesia.
Penghargaan-penghargaan ini diterima secara resmi oleh Komisaris Utama PosIND, Muhammad Budi Djatmiko, dan Corporate Secretary, Tata Sugiarta.
“Trofi ini bukan akhir, melainkan batu loncatan agar Pos Indonesia terus meningkatkan standar tata kelola untuk menghadapi tantangan global,” kata Endy.