Satu Tahun, 'Warung Online' Tokopedia Layani 20 Juta Masyarakat RI

Aplikasi Tokopedia
Sumber :
  • dok. Tokopedia

VIVA – Beragam kebutuhan sehari-hari, kini bisa dibeli melalui aplikasi digital. Tak heran, jika adanya tren baru ini sempat membuat pemilik warung konvensional merasa khawatir, sulit bersaing dengan pilihan baru dalam berbelanja.

Gelar Workshop Creators Lab, Tokopedia-TikTok Shop Dukung Pemberdayaan 'Emak-Emak Matic' dan Gencarkan #BelanjaAman

Namun, melalui aplikasi Mitra Tokopedia hal tersebut tidak perlu lagi membuat risau. Sebab, selama satu tahu, platform ini sudah membuktikan komitmennya untuk memajukan warung konvensional melalui teknologi digital.

Sejak hadir pada 2018, platform digital ini berupaya untuk bisa terus membantu masyarakat mengembangkan usahanya, terutama untuk bisnis warung, toko kelontong dan usaha sejenis. Kini, aplikasi itu sudah diunduh dua juta pengguna, dan melayani lebih dari 20 juta masyarakat di 500 kota atau kabupaten Indonesia.

Bangkit dari Pandemi, Azlina Raup Omzet Ratusan Juta per Bulan Lewat Usaha Warung Makan

AVP of New Retail Tokopedia, Adi Putra megnatakan, dalam kurun waktu satu tahun, aplikasi Mitra Tokopedia telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem yang mempermudah masyarakat. Ini tercapai berkat dukungan dan kolaborasi yang berkelanjutan antara dengan berbagai mitra strategis.

Baca juga: Mantan karyawan Twitter didakwa jadi mata-mata

Kisah Penjual Olahan Pisang di Makassar 'Big Bananass' Sukses Naikkan Penjualan bersama Tokopedia & TikTok Shop

“Mitra Tokopedia mencatatkan pertumbuhan pada beberapa aspek, antara lain jumlah pengguna dan luas jangkauan. Tercatat hingga Oktober 2019, lebih dari 20 juta masyarakat Indonesia telah dilayani. Jumlah mitra aktif juga telah mencapai sekitar 350 ribu,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis 7 November 2019.

Dengan platform yang disediakan perusahaan berstatus unicorn itu, masyarakat bisa mendapat keuntungan yang lebih baik dan bisa menjual lebih banyak produk. Mitra Tokopedia, kata Dia, sudah menginisiasi Gerakan Warung Nasional yang berkolaborasi dengan beberapa pelaku ekosistem. 

“Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi ‘warung super’,” ucapnya.

Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Susamto hadiri 'Creators Lab'

Creators Lab TikTok Shop dan Kemenpar RI Bekali Mahasiswa Poltekpar Jadi Kreator Melek #BelanjaAman

Kampanye #BelanjaAman juga terintegrasi program Creators Lab, yang bertujuan memberikan edukasi pada peserta tentang cara merekomendasikan produk atau penjual terpercaya.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2025