Bakal Wakili Indonesia di Korea, Perusahaan Besutan Anak SMA-SMK Raih Omzet Setengah Miliar

Peserta PJI Company of the Year Competition.
Sumber :
  • PJI.

Jakarta, VIVA – Ajang tahunan PJI Company of the Year Competition kembali digelar di Kota Kasablanka, Jakarta, pada Sabtu, 21 Juni 2025. Kompetisi puncak ini menjadi panggung bagi 12 perusahaan siswa SMA dan SMK terbaik dari 16 kota/kabupaten di Indonesia untuk menampilkan inovasi bisnis berbasis keberlanjutan mereka, serta memperebutkan kesempatan mewakili Indonesia di ajang wirausaha tingkat Asia Pasifik di Seoul, Korea Selatan, tahun 2026 mendatang.

Prabowo Ingin Selamatkan Rakyat dari Perusahaan 'Nakal': Kami Proses Hukum!

Sebelum berkompetisi, para pelajar telah memperoleh pengalaman praktis mendirikan dan mengelola perusahaan riil di sekolah mereka melalui Junior Achievement (JA) Company Program (Student Company). Tahun ini, program memperkenalkan pendekatan design thinking dan project management untuk memperkuat keterampilan berpikir kritis, kepemimpinan, serta kolaborasi. 

Chairman of the Executive Board Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto, mengungkapkan siswa perlu didorong untuk memaknai peran wirausaha sebagai agen perubahan sosial dan lingkungan. 

Ketika AI Rombak Bisnis Pencarian Kerja, Ribuan Karyawan Jadi Korban PHK Massal

“Saat tantangan global makin kompleks, edukasi kewirausahaan harus lebih luas dari sekadar membuat produk atau menjalankan bisnis. Pola pikir bisnis siswa perlu dilatih untuk meghadirkan solusi yang mengedepankan tanggung jawab sosial, keberlanjutan, dan kesiapan menghadapi dunia di masa depan,” ujar Pribadi Setiyanto dalam keterangannya, dikutip Selasa 24 Juni 2025. 

Selama 10 bulan program berjalan (Agustus 2024 – Juni 2025), 1.549 siswa dari 60 SMA dan SMK di seluruh Indonesia — mulai dari Medan, Jakarta, Yogyakarta, Makassar hingga Jayapura — telah berhasil mendirikan 60 bisnis riil. Total omzet yang dihasilkan secara kolektif mencapai Rp525 juta.

Kemendag Catat Transaksi UMKM Bisa Ekspor Semester I-2025 Capai Rp1,46 Triliun

Pada kompetisi tahun ini, inovasi bisnis siswa banyak menyoroti isu-isu penting seperti ekonomi sirkular, gaya hidup sehat, dan perubahan iklim. 

Country Manager Zurich Indonesia, Edhi Tjahja Negara, menegaskan komitmennya dalam menempatkan pemberdayaan generasi muda sebagai salah satu fokus utama program tanggung jawab sosialnya. 

“Bagi kami, menciptakan masa depan yang lebih cerah berarti membekali generasi muda dengan keterampilan praktis, kepercayaan diri, dan pemikiran adaptif yang mereka butuhkan di dunia yang terus berubah. Lewat Zurich Entrepreneurship Program bersama PJI, kami ingin memastikan bahwa siswa tidak sekadar belajar menjalankan bisnis, tetapi juga memahami bagaimana membangun solusi yang berkelanjutan, tangguh, dan relevan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Selain mengasah keterampilan bisnis sejak dini, program ini juga mendorong siswa merancang solusi komersial yang relevan dengan isu lingkungan, keberlanjutan, dan teknologi. 

Konservasi gajah Sumatera.

Dukung Konservasi Gajah Sumatera, Pertamina Patra Niaga Tegaskan Genjot Bisnis Berkelanjutan

PT Pertamina Patra Niaga, melalui Fuel Terminal Pematang Siantar, Sumatera Utara, menegaskan komitmennya terhadap pelestarian fauna satwa langka gajah Sumatera.

img_title
VIVA.co.id
17 Agustus 2025