Ban Depan Hard Revisi Michelin Debut di MotoGP Austria, Intip Detailnya di Sini!

Marc Marquez vs Alex Marquez di MotoGP Mugello Italia
Sumber :
  • Crash.net

VIVA – MotoGP kembali menghadirkan pembaruan teknis khusus untuk Grand Prix Austria kali ini. Michelin menawarkan ban depan hard dengan spesifikasi baru, sementara soft dan medium tetap seperti tahun 2024. Strategi ini digagas sebagai respons terhadap karakter sirkuit Red Bull Ring yang menuntut kombinasi pengereman keras dan akselerasi kuat. 

Debut Besar! Pembalap Trackhouse Coba Upgrade Aprilia di MotoGP Austria

Apa yang Berubah di Ban Depan Hard?

Ban Michelin

Photo :
  • IBTimes
Dua Hal Penting yang Jadi Prioritas Alex Marquez untuk Sisa Musim MotoGP 2025

Dikutip VIVA Otomotif dari Crash, Kamis 14 Agustus 2025, kompon keras baru mengadopsi kompon medium 2024, namun diintegrasikan ke dalam carcass yang lebih kaku.

Kombinasi ini diklaim meningkatkan stabilitas saat pengereman dan memberikan kontrol lebih baik dalam fase kritis menjelang tikungan. 

Marc Marquez Ungkap Ketidaksukaan terhadap Sistem Kontrol Stabilitas Baru di MotoGP

Sementara itu, pilihan soft dan medium untuk ban depan tetap tak berubah dari musim sebelumnya. 

Mengadopsi Kompon Medium dengan Carcass Lebih Kaku

Perbedaan utama ban hard revisi ini terletak pada penggabungan kompon medium 2024 ke dalam carcass yang lebih kaku. Tujuannya adalah untuk memberikan stabilitas ekstra saat pengereman keras dan kontrol lebih baik ketika motor masuk ke tikungan cepat.

Alasan di Balik Perubahan Ini

Sirkuit Red Bull Ring dikenal sebagai salah satu trek paling menantang dalam kalender MotoGP, dengan zona pengereman ekstrem dan grip yang relatif rendah. Hal ini memicu risiko overheating pada ban belakang akibat spin berlebihan saat akselerasi. 

Back-up Ban Belakang Spesial

Ban Michelin

Photo :
  • Michelin Website

Untuk mengatasi tekanan panas tersebut, Michelin juga menyediakan ban belakang dengan konstruksi khusus yang telah terbukti efektif di Red Bull Ring setiap musim. Tipe ini bisa mengurangi suhu ban hingga 10–15 °C dibanding tipe standar, menjaga performa konsisten hingga garis finish. 

Pernyataan dari Michelin

Piero Taramasso, dua-roue Motorsport manager dari Michelin, menekankan pentingnya kewaspadaan saat memasuki GP Austria. “Sirkuit ini harus didekati dengan hati-hati,” ujarnya, seraya menyoroti kebutuhan akan stabilitas tinggi di zona pengereman dan kemampuan menahan suhu panas.

Michelin mengambil langkah proaktif dengan memperbaharui ban depan hard dan memakai ban belakang dengan konstruksi khusus untuk GP Austria. Langkah ini mencerminkan upaya menjaga keselamatan sekaligus performa maksimal di sirkuit yang dikenal teknis dan keras terhadap ban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya