Ada Masukan dan Kritikan soal MBG, Masyarakat Bisa Lapor ke Sini
- ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Jakarta, VIVA – Badan Gizi Nasional (BGN) menyiapkan kanal aduan untuk memudahkan masyarakat termasuk orang tua dan masyarakat melaporkan keluhan, kritik, dan masukan untuk pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis (MBG) di daerahnya masing-masing.
Wakil Kepala BGN Nanik S. Deyang saat jumpa pers di Jakarta, Jumat, menyampaikan untuk sementara ini masyarakat dapat mengakses laman "BGN.lapor.go.id" untuk mengirim aduan, keluhan, dan kritik terhadap layanan MBG di daerah mereka.
"Kami sudah siapkan, nanti ada hotline (kanal aduan, red.), di mana masyarakat, orang tua, semua, siapa pun, atau wartawan boleh melaporkan apa pun yang terjadi di lapangan dan ini akan sangat membantu kami untuk bisa mengambil tindakan cepat," kata Nanik menjawab pertanyaan wartawan.
Wakil Kepala Badan Gizi Nasional (BGN) Nanik S. Deyang (kiri)
- ANTARA/Genta Tenri Mawangi
Dia menargetkan kanal aduan MBG itu dapat beroperasi pada pekan ini.
Di luar itu, Nanik menyebut BGN juga memiliki akun media sosial resmi yang juga terbuka untuk pesan-pesan aduan dari masyarakat.
"Di media sosial kami terbuka. Jadi, kalau masyarakat ingin DM (mengirimkan pesan pribadi, red.), kemudian melaporkan melalui media sosial, itu kami langsung respons," ujar Nanik.
Sejauh ini, BGN menyediakan laman https://bgn.lapor.go.id untuk menampung aduan masyarakat. Laman itu memiliki bagian tersendiri untuk menampung aduan, aspirasi, dan permintaan aspirasi.
Dalam laman yang sama, ada formulir yang harus diisi, terutama untuk judul laporan, isi laporan, tanggal kejadian, lokasi kejadian, dan kategori laporan.
Pengirim laporan juga tidak perlu khawatir mengenai kerahasiaan identitas mereka, karena ada opsi anonim dan rahasia. Selepas itu, pelapor dapat juga melampirkan berbagai dokumen sebagai pendukung laporan mereka.
Pada kesempatan sama, Nanik juga menjanjikan sesi jumpa pers berkala, yaitu sepekan sekali dengan wartawan, untuk memberikan informasi-informasi terbaru mengenai MBG dan juga memberikan kesempatan bagi para awak media untuk mendapatkan penjelasan dari BGN manakala ada insiden-insiden keracunan, beserta tindak lanjutnya.
Nanik memastikan BGN tidak absen dan tidak menutup-nutupi insiden apa pun yang ada dalam pelaksanaan MBG.
BGN, menurut Nanik, mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan MBG yang merupakan program prioritas Presiden Prabowo Subianto. (Ant)