Garuda Indonesia Catat Kinerja OTP Penerbangan Haji Terbaik dalam 3 Tahun Terakhir pada 2025
- Dok Kemenhub
Jakarta, VIVA – Maskapai pelat merah Garuda Indonesia mencatatkan kinerja operasional penerbangan haji terbaik dalam tiga tahun terakhir. Hal ini merupakan pencapaian yang membanggakan bagi jemaah dan seluruh pemangku kepentingan.
Hal tersebut disampaikan Direktur Niaga Garuda Indonesia, Reza Aulia Hakim, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, hari ini. Perbaikan signifikan ini menunjukkan komitmen kuat Garuda Indonesia untuk kembali memberikan pelayanan prima.
Menurut Reza, tingkat ketepatan waktu (On-Time Performance atau OTP) operasional penerbangan haji tahun 2025/1446 H mencapai rata-rata 96,2 persen.
"Angka ini menjadi capaian terbaik Garuda Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Hasil ini menunjukkan konsistensi kami dalam terus memperbaiki layanan penerbangan haji," ujar Reza, Senin, 22 September 2025.
Reza merinci, OTP pada fase keberangkatan jemaah mencapai 96,4 persen, meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 79,5 persen. Kinerja serupa juga terlihat pada fase kepulangan, di mana OTP naik menjadi 96 persen, jauh lebih baik dari angka 77,6 persen di tahun sebelumnya.
“Peningkatan drastis ini menjadi bukti nyata keseriusan manajemen baru Garuda dalam membenahi operasional,” tambahnya.
Pesawat Garuda Indonesia dan Pelita Air di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.
- Antara
Atas kinerja itu, anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PAN, Sigit Purnomo Said, yang dikenal publik sebagai Pasha Ungu melontarkan apresiasi. Dia menilai Garuda Indonesia berhasil memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji. Sejak keberangkatan ke Tanah Suci, hingga kepulangannya.
“Alhamdulillah, Garuda Indonesia sangat mendukung suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 2025. Kami berharap sinergi ini terus terjaga, dan kualitas pelayanan terus ditingkatkan demi memberikan yang terbaik bagi para tamu Allah,” kata Sigit yang juga anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR.
Hal senada disampaikan anggota Komisi VII DPR sekaligus Timwas Haji DPR asal Fraksi Partai Gerindra, Muhammad Husni. Diakui, pelayanan Garuda Indonesia dalam mendukung pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini, layak mendapatkan apresiasi.
“Garuda memberikan pelayanan yang bagus. Kami dari Timwas merasa nyaman dengan fasilitas dan ketepatan waktu yang diberikan. Jaga terus kualitas ini karena Garuda adalah maskapai kelas internasional,” kata Husni.
Selain berfokus pada penambahan armada dan peningkatan efisiensi operasional, Garuda juga memastikan kesiapan pesawat dalam setiap operasi penerbangan, termasuk untuk penerbangan haji yang dikenal sangat kompleks.
Maskapai penerbangan haji Garuda Indonesia tengah melakukan ramp check
Dengan mengangkut total 91.198 jemaah yang terbagi dalam 247 kelompok terbang dari tujuh embarkasi, Garuda mengandalkan pengoperasian 14 pesawat berbadan lebar (wide-body) untuk melayani para jemaah.
Dukungan penuh dari Komisi VI DPR RI, pemerintah, dan seluruh pihak terkait menjadi kunci utama di balik kesuksesan ini. Capaian ini juga menjadi sinyal kuat bahwa Garuda Indonesia sudah kembali pada jalur yang benar, menunjukkan kemampuannya untuk pulih dan memberikan layanan kelas dunia.
Dengan kinerja operasional yang terus membaik, Garuda berharap dapat terus memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia dan kembali menjadi kebanggaan bangsa di mata dunia.