Cowok atau Cewek, Siapa Paling Royal di Aplikasi Mobile?

Ilustrasi gamer.
Sumber :
  • Reuters PLUS ESPORTS2017

VIVA – Perusahaan pasar game mobile, Liftoff menyatakan, 79 persen lebih gamer wanita akan lebih royal dibanding pria dalam membeli aplikasi pada game seluler. Laporan tersebut dihasilkan dari data laporan pemasaran.

Incar Pasar Hunian Anak Muda, Perumnas Pacu Strategi Pemasaran Inklusif dan Digital

Dikutip dari laman The Verge, Selasa 21 Agustus 2018, pengguna wanita yang membeli konten dalam aplikasi menembus angka 16,7 persen setelah memasang aplikasi. Laporan tersebut mendorong pengembang aplikasi untuk fokus pada segmen pasar wanita di masa depan.

Laporan ini dikumpulkan dari 350 aplikasi pada Juni 2017-Mei 2018, dengan perbandingan periode 2016-2017. Dari kurun waktu tersebut, jumlah gamer wanita yang membeli bertambah menjadi dua kali lipat. Hasil yang serupa pada tahun lalu seharusnya dapat mendorong pengembang untuk menyesuaikan lebih banyak aplikasi khusus wanita.

DJ Panda Ancam Hancurkan Karier Erika Carlina, Sebar Data RS dan Sebut Psikopat

"Wanita adalah audien yang menguntungkan. Dibutuhkan strategi yang berbeda untuk menargetkan wanita. Mereka lebih menguntungkan pada kampanye biaya per tindakan. Seperti melakukan pembelian," ujar Kepala Eksekutif Liftoff, Mark Ellis.

Di luar laporan, mereka juga mencatat untuk gamer iOS ternyata lebih royal dalam memasang aplikasi dibanding gamer Android. Meski begitu, pasar Android mempunyai perkembangan yang lebih cepat.

Menteri Ara Beberkan Update Terbaru soal Penyelesaian Sengketa Konsumen Meikarta

Sekitar 1,5 juta perangkat baru diaktifkan. Sebab itulah pengembang fokus pada kedua platform tersebut. Berdasarkan laporan tersebut, ternyata lebih susah untuk mendapatkan gamer di Asia yang gencar melakukan pembelian di aplikasi. Dengan demikian, artinya pasar di Rusia, Eropa, Timur Tengah dan Afrika merupakan pasar lebih seksi karena dukungan konektivitas mobile.

Bank Saqu

Hadir di GIIAS 2025, Bank Saqu Perluas Jangkauan Keuangan Digital ke Segmen Otomotif

Bank Saqu di GIIAS 2025 membawa tema 'Rocketing Your Finance', guna mengajak setiap pengunjung merasakan pengalaman finansial yang lebih ringan, menyenangkan dan bermakna

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2025