XL, Axis dan Smartfren Tetap 'Perang Sendiri' Meski Sudah Jadi XLSmart

Direksi XLSmart.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Jakarta, VIVA - Usai merger XLSmart, ketiga merek layanan telekomunikasi naungannya yakni XL, Axis, dan Smartfren tetap menjalankan layanannya masing-masing secara terpisah.

Penipu Pakai Nomor Palsu, XLSmart Punya Solusi Ampuh

Hal itu diungkapkan oleh Chief Marketing Officer Smartfren Sukaca Purwokardjono. Menurutnya, XLSmart menerapkan metode freestanding yang berarti setiap merek menjalankan kebijakan layanannya masing-masing.

"Dalam mengelola tiga brand ada XL, Smartfren dan Axis, kita memilih cara yang namanya freestanding maksudnya masing-masing (merek) jalan dengan policy brand (kebijakan merek masing-masing)," katanya di Jakarta, Rabu, 9 Juli 2025.

Smartfren Pekerjaan Sarah untuk Melayani Pelanggan 24 Jam

Sukaca tidak menutup kemungkinan apabila inovasi produk dan layanan dari salah satu merek bisa diterapkan ke merek lain dengan bentuk yang sama atau berbeda.

Sementara itu, Head of External Communications XLSmart Henry Wijayanto mengatakan XLSmart berkomitmen mempertahankan merek XL, Axis, dan Smartfren karena ketiga merek tersebut memiliki target pasar dan layanan yang berbeda-beda.

MoU Dukung Beri Informasi A1, Intel Kejagung Bisa Sadap Nomor Telkomsel-Indosat hingga XL

"Jadi ada XL, ada Axis, ada Smartfren dan semua kan memang punya posisi masing-masing, punya market masing-masing, dan punya keunikan masing-masing," ujar dia.

Henry mencontohkan, layanan pelanggan (custumer service) setiap merek yang berbeda. XL memiliki fitur layanan pelanggan bernama Maya sedangkan Smartfren meluncurkan asisten virtual bernama Sarah.

Seperti diketahui, Smartfren resmi meluncurkan asisten virtual bernama Sarah yang siap melayani pengguna terkait informasi produk maupun kebutuhan pelanggan lainnya.

Asisten virtual Sarah ditenagai oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif sehingga dapat menghasilkan respon dengan bahasa manusia dan solutif. Dia juga mengklaim Sarah dapat diakses 24 jam dan mampu memberikan jawaban kepada pelanggan kurang tiga detik.

Saat ini, Sarah dapat memberikan bantuan informasi terkait layanan, akun pengguna, paket dan produk, serta promo terbaru. Namun, pihak Smarfren ke depan akan meningkatkan kemampuan Sarah dengan menghadirkan fitur yang dapat menangani aduan pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya