SUV Hybrid Baru dan Ragam Modifikasi Ramaikan GIIAS 2025
- VIVA/Yunisa Herawati
Tangerang, VIVA – Partisipasi BAIC di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 diklaimmenjadi bukti keseriusan merek otomotif asal Tiongkok ini dalam memperkuat eksistensinya di Indonesia. Dengan mengusung tema “Empowering The Future”, BAIC menampilkan lini produk yang menggambarkan tahapan evolusi menuju elektrifikasi: dari mesin pembakaran dalam (ICE), berlanjut ke hybrid, hingga kendaraan listrik murni (EV).
Sorotan utama tahun ini adalah peluncuran perdana BJ30 Hybrid versi setir kanan. SUV ini mengombinasikan mesin bensin dan motor listrik sebagai solusi transisi menuju era EV. Desainnya berani, dengan balutan warna hijau-putih yang mencolok. Di atas kertas, BJ30 Hybrid mencatatkan akselerasi 0–100 km/jam dalam 6,9 detik dan jangkauan total hingga 1.000 km, dengan konsumsi bahan bakar 15,5 km per liter.
Fitur unggulan lainnya adalah sistem penggerak elektrik empat roda (electric 4WD) dengan waktu respons hanya 0,03 detik dan torsi roda mencapai 5.928 Nm—terbesar di kelasnya. Ditambah sistem All Terrain dengan tujuh mode berkendara, termasuk untuk medan berat seperti lumpur, salju, dan genangan air, BJ30 Hybrid membuktikan dirinya tangguh baik di jalanan kota maupun lintasan off-road.
Tak hanya memperkenalkan BJ30, BAIC juga memamerkan delapan unit modifikasi dari model BJ40 Plus dan X55 II. BJ40 tampil ekstrem dengan gaya off-road, bumper baja, snorkel, roof rack, dan versi topless resmi bernama BJ40 Champion Red. Di sisi lain, X55 II tampil lebih modern dan urban. Varian Prime hadir dengan warna Crystal Grey dan roof box, sedangkan LITE Black dan LITE Special Edition menonjolkan kesan elegan serta sporty.
Deretan modifikasi ini tidak sekadar menjadi pemanis booth, tapi juga menunjukkan fleksibilitas desain dan potensi personalisasi produk BAIC. Beberapa unit turut dilengkapi aksesori penunjang gaya hidup outdoor, termasuk kerja sama dengan merek DOMETIC.
Tahun ini juga menjadi momentum satu tahun kehadiran BAIC di Indonesia. Produsen ini telah membangun jaringan distribusi di kota-kota besar dan menargetkan ekspansi ke 25 titik layanan hingga akhir 2025. Melalui pendekatan bertahap dari ICE ke hybrid dan EV, BAIC berkomitmen menjadi pemain otomotif global yang adaptif dan relevan di pasar nasional.
