Fasilitas Layanan di Puncak Haji, Hilman Latief: Mulai dari Tenda Ber-AC, Toilet Bertingkat hingga Es Krim

Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief mengecek fasilitas toilet di Mina, Makkah
Sumber :
  • Andika Wahyu/MCH 2025

Makkah, VIVA – Jemaah haji Indonesia akan merasakan kenyamanan lebih saat menjalani puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) tahun ini.

Skema Mitigasi Jemaah Lansia dan Disabilitas saat Lempar Jamarat di Mina

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief, melakukan monitoring langsung ke lokasi Armuzna untuk memastikan kesiapan fasilitas. Dalam kunjungannya ke Arafah pada Senin (26/5/2025), Hilman menilai adanya peningkatan signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Dirjen PHU Hilman Latief mengecek kasur-kasur di Tenda jemaah Wukuf di Arafah

Photo :
  • Andika Wahyu/MCH 2025
Update Haji 2025: 200.540 Jemaah Indonesia Sudah Terima Kartu Nusuk

"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan kunjungan kepada salah satu service provider yang menjadi mitra Kementerian Agama. Kita melihat langsung tenda-tenda di Arafah, termasuk kasur, AC, toilet, dapur, dan lainnya," ujar Hilman dilansir dari MCH 2025.

Berikut beberapa fasilitas layanan yang akan dinikmati jemaah haji Indonesia saat berada di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Menuju Tanah Suci, Amirulhaj Kawal Langsung Layanan Jemaah Haji

1. Tenda Ber-AC yang Lebih Dingin dan Merata
Tenda-tenda jamaah kini telah dilengkapi AC dengan sistem kelistrikan yang lebih aman dan stabil. 

2. Toilet Bertingkat yang Lebih Banyak dan Bersih
Pemerintah Arab Saudi menyediakan toilet baru bertingkat di Arafah. Tambahan fasilitas ini akan membantu mengurangi antrean panjang, terutama saat waktu-waktu krusial.

Penampakan tenda-tenda jemaah haji di Mina, Makkah, Arab Saudi, Rabu (21/5/2025)

Photo :
  • Andika Wahyu/MCH 2025

3. Penataan Tenda Lebih Rapi dan Nyaman
Selain lebih sejuk, tenda kini ditata lebih tertib. Kapasitasnya bisa menampung 270–350 jamaah per tenda, dengan kasur empuk dan ruang cukup lega untuk beristirahat di tengah padatnya aktivitas ibadah.

4. Dapur Kolektif untuk Makanan Jemaah
Layanan konsumsi tetap berjalan dengan pengawasan ketat. Dapur kolektif di Mina dan Arafah akan memasok makanan sesuai standar gizi dan kebersihan, mendukung energi jamaah selama masa puncak.

5. Fasilitas Sanitasi yang Ditingkatkan
Selain toilet, sistem sanitasi secara umum diperbaiki. 

6. Layanan Spesial dari Syarikah: Es Krim dan Minuman Dingin!
Beberapa Syarikah berencana memberikan kejutan berupa es krim, es drink, atau layanan penyegar lainnya.

“Ada beberapa layanan yang masih mereka rahasiakan. Kita tunggu saja, mudah-mudahan bisa menambah kenyamanan dan membawa kesan positif bagi jamaah Indonesia,” ujar Hilman dengan optimis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya